Saling Tolong Menolong dalam Kebaikan

Manusia adalah makhluk Allah yang paling mulia, dari jaman nabi adam sampai sekarang manusia itu tidak bisa hidup sendiri, ketika nabi adam lahir nabi adam merasa kesepian hingga pada suatu hari Allah menciptakan siti hawa untuk menghilangkan kesendirianya, begitu pula manusia, manusia itu sangat beragam dan bermacam-macam bentuknya yaitu bentuk fisik, wajah, dll. Dan dari seluruh manusia didunia ini rata-rata berbeda, kalau ada yang mirip mungkin itu Cuma kebetulan atau dari sejak mereka lahir. Oleh karena itu kehidupan di dunia ini begitu banyak perbedaan, manusia itu tidak bisa melakukan apa saja dengan sendiri, misalkan membuat itu, ini dll. Oleh karena itu manusia disebut juaga makhluk sosial yang artinya manusia itu perlu perolongan atau bantuan orang lain. Contoh saja misalnya jika kita sakit bisakah kita sembuh dengan sendirinya, insya allah bisa jika sakitnya itu masih ringan tapi kalau sudah parah kepada siapa lagi kita akan pergi selain dokter, dan dokter itulah yang akan menolong kita.  tolong menolong itu sangat perlu sekali dalam kehidupan kita sehari-hari, tolong menolong itu berbagai macam bentuknya, misalkan tolong menolong dengan keluarga, saudara, dan teman-teman, serta masyarakat sekitar. Tolong menolong dengan keluarga misalkan kita membantu orang tua kita untuk mencuci piring, mengepel, mencuci baju dll, begitu pula dengan saudara kita kita juga bisa membantu mereka jika mereka dalam kesusahan atau mereka lagi membutukan kita karena ada masalah dengan keluarga, mereka entah itu dari masalah ekonomilah, dll.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تُحِلُّواْ شَعَآئِرَ اللّهِ وَلاَ الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلاَ الْهَدْيَ وَلاَ الْقَلآئِدَ وَلا آمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلاً مِّن رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُواْ وَلاَ يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ أَن صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَن تَعْتَدُواْ وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُواْ اللّهَ إِنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu  melanggar syi`ar-syiar Allah, dan jangan melangga rkehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orangyang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari karunia dan keridaan dari Tuhannya dan apabila kamut elah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlahb erburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian (mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidil haram, mendorongmu berbuat aniaya(kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam(mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.(Qs. Almaidah:6)

Pada ayat tersebut Allah menyuruh kita untuk senantiasa tolong dalam kebaikan, karena selain kebaikan mendapatkan pahala, tolong menolong juga dapat menjalin tali silaturahmi antara kedua belah pihak yang satu saudara dengan yang lain

Tolong menolong juga sekarang di dunia ini selain dalam kebaikan, dalam keburukan juga ternyata banyak, misalkan jika ada dua orang saling berteman tapi temannya itu tidak mempunyai uang dan dia pun tidak mempunyai uang akhirnya mereka akhirnya berencana untuk mencuri, atau menodong orang lain dll. Hal itulah yang harus kita hindari ketika kita saling tolong menolong, janganlah kita saling tolong menolong dalam kejahatan tapi tolong menolonglah kita dalam berbuat hal yang baik. Karena Allah sangat mencintai orang yang saling tolong menolong demi kebaikan buka untuk kejahatan.

Didunia ini kita tidak hidup sendiri, dan kita tidak bisa hidup sendiri oleh karena itu kita harus bersoalisasi kepada siapapun itu, bersoalisasi kepada sesama manusia itu sangat penting bagi kita. Kenapa kita harus bersoalisasi?. Karena dengan bersoalisasi kita akan lebih mudah menjalani kehdiupan ini. Janganlah kita selalu merasa kita tidak perlu ditolong,  kita merasa  bisa sendiri tanpa bantuan orang lain. Janganlah kita beranggapan seperti itu jika kita tertimpa musibah seperti gempa, rumah kebakaran, dll. Siapa yang akan menolong kita selain orang lain. Pasti lah kita meminta tolong kepada orang lain tidak mungkin kita tidak meminta tolong kepada sesama manusia karena kita saling membutuhkan. Kadang kita merasa kita sudah bahagia dengan apa yang kita punya,  jadi orang lain tidak perlu kita hiraukan karena kita sudah asyik dengan kehidupan kita sendiri. Contoh misalkan kita tinggal disebuah tempat kita memiliki harta yang banyak, dan kita merasa sombong dengan apa yang kita punya. Misalkan  ada seseorang yang ingin membutuhkan harta kita, tenaga kita kita tapi kita menghiraukanya, ketika anaknya sedang sakit dan dia meminjamkan uang kepada kita, tetapi kita tidak memberinya sepeserpun maka apa yang akan terjadi, kita mempunyai kekayaan, tenaga tapi kita sombong dan tidak menghiraukan orang yang sedang menginginkan bantuan apa yang terjadi?, mungkin itu semua pasti akan berdampak pada kita sendiri misalnya jika kita ditimpa musibah seperti kebakaran, longsor, dll dan kita membutuhkan pertolongan kepada kita, mungkin oranglainpun tidak akan menolong kita sebab dalam hati orang tersebut” mengapa kita harus menolong dia, dia saja tidak pernah menolong kita” akhirnya mereka pun pergi dan mereka tidak menolong kita apa yang akan terjadi, kita akan merasa sedih dan menyesal karena kita tidak pernah menolong mereka, ketika kita tidak menolong yang membutuhkan orang yang mebutukna tadipun dia sedih dan pastinya kecewa, oleh sebab itu jika kita ingin ditolong oleh orang lain kita juga harus menolong mereka karena sesama muslim adalah saudara, kita tidak boleh pandang bulu siapa saja yang kita tolong, misalkan “aku tolong ini aja ah males gue kalau nolongin dia” kita tidak boleh memilih-milih siapa yang akan kita tolong.

Tolong menolong itu wajib bagi kita, memang kita mau ketika kita susah tidak ada yang menolong kita. Kadangkala kita enggan untuk meminta tolong kepada orang lain, mungkin malu dll. Atau kadangkala kita tidak enak jika kita meminta tolong kepada dia. Memang kalau dilihat dari kehidupan sehari-hari banyak manusia sekarang yang jarang memberikan bantuan kepada orang lain begitupula sebaliknya . apalagi jika diantara dua orang saling bermusuhan jalankan untuk meminta tolong memberi sapaan pun akan terasa sangat malu. Mungkin karena merasa gengsi dan merasa masih benci juga.

Jika kita ditolong oleh orang lain janganlah kita mengharapkan imbalan, sedekah atau upah. Kita harus benar-benar ikhlas dalam hati bahwa kita ikhlas menolong orang yang membutukan tersebut karena Allah taala bukan karena ingin pamer atau Riya. Kadang manusia ada juga yang memberikan bantuan kepada orang lain karena riya atau ingin dipuji oleh orang lain. Misalkan jika seseorang memberikan bantuan berupa uang tunai kepada orang yang membutukan tersebut. Dan dia mengumpulkan orang tersebut serta menyombongkan-menyombongkan kekayaanya. Kita tidak boleh riya kepada siapapun karen Allah sangat membenci riya. Kadang juga ada yang menolong orang karena ingin baik disamping pacarnya, disamping pacarnya dia berbuat kebaikan kepada oranglain tetapi setelah mereka berpisah justru pacarnya memalak orang lain dengan secara terpaksa serta mencuri perhiasan korban tersebut.

Tolong mnolong itu perlu dan sangat perlu sekali, kaadang ada juga yang menolong tetapi dia malah memfitnah orang yang menolong tersebut, menjelek-jelekkan orang tersebut kepada orang lain itulah yang dinamakan” air susu dibalas dengan air tuba” yang artinya kebaikan dibalas dengan kejahatan, sudah ditolong tapi malah menjebak orang yang ditolong tadi.

Tolong menolong juga tidak boleh satu diuntungkan dan satu dirugikan, kedua belah pihak tersebut harus sama sama saling tolong menolong, jangan membantu orang lain karena ada maunya saja, misalkan jika kita menolong orang lain kita selalu menolongnya tetapi ketika kita meminta tolong justru dia merasa acuh tak acuh atau bersikap masa bodoh, itulah yang harus kita hindari. Semua didunia saling tolong menolong, dimana-mana tolong menolong itu pasti ada misalkan antara atasan dan bawahanya, seller kepada customer, itu sangat dibutukan saling tolong menolong, misalkan antara seller kepada costumer, seorang seller membutuhkan yang namanya uang dan seorang customer membutukna yang namanya barang, maka terjadilah rasa tolong menolong terhadap mereka.

Memang yang namanya kesulitan, resiko, masalah jadi kalau kita masih bisa melakuaknya sendiri, tetapi kalau tidak bisa mintalah pendapat  kepada orang lain bagaiaman cara agar masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan secepatnya.

 

Leave a Reply

Testimoni
"alhamdulillah aqiqah anak saya terlaksana walau sedikit terlambat, terima kasih Aqiqahcatering.com "

Herman, Viktor

Selain bisa masak, bisa pesan dagingnya juga. Saya merasa terbantu. Insya Allah saya akan pesan lagi.

Ibu Eva, Bukit Dago

Saya merasa puas dengan aqiqahcatering.com. Apalagi daging kambingnya terasa empuk, gulainya enak, Pas sekali. Insya Allah saya akan pesan lagi.

Ibu Rita Subagyo, Bumi Serpong Damai

kemarin saya memesan aqiqah di aqiqahcatering.com, ternyata responnya cepat dan pelayanannya benar-benar memuaskan

sumi, kalibata, jakarta selatan

Saya sudah 2 kali pesan. Kemarin saya sudah pesan lagi dan bisa membantu menyalurkan ke yayasan jihadul mukhlisin.

Ibu Akbar, Serpong City Paradise


saya merasa terbantu sekali oleh aqiqahcatering.com, ketika saya butuh daging kambing untuk catering saya, aqiqah catering mau bekerjasama, terima kasih aqiqahcatering.com

nasik, bogor

Alhamdulillah, terima kasih atas bantuannya. Semoga Aqiqahcatering.com barokah

Febri, Bintaro

Allhamdulilah aqiqah anak saya lancar berkat bantuan dari aqiqahcatering.com. terima kasih aqiqahcatering.com

Bpk. Rizal Ariefianto, Bukit

terima kasih aqiqahcatering.com, kepercayaan saya dibalas dengan pelayanan yang memuaskan dan masakannya juga sesuai dengan selera 

Bpk. Ananda, Bintaro

Pelayanannya tidak mengecewakan dan pesanan sy diantar tepat waktu. thank's aqiqahcatering.com

Bpk. Mohamad Fauzi, Taman Palem Residence, Ciputat

Sate dan gulainya mantap dan pelayanannya juga mantap, terima kasih Aqiqahcatering.com atas saran & bantuannya.

Bpk. Rahman Ali, BSD
Statistik Pengunjung
Hubungi Kami