makan malam bersama keluarga

Berapa kali Anda makan bersama keluarga dalam seminggu? Dua kali, satu kali atau bahkan tidak pernah sama sekali? Tradisi makan malam atau makan bersama keluarga saat ini sudah semakin jarang dilakukan atau mungkin sudah tidak ada lagi.

Kesibukan masing – masing anggota keluarga di luar rumah yang padat menyulitkan untuk mencari waktu dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Makan malam bersama bukan hanya sekedar duduk berkumpul bersama keluarga dan makan bersama. Ada banyak manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari kegiatan tersebut.

Apa saja keuntungan makan malam bersama keluarga?

Nutrisi lebih baik

Makan bersama keluarga terbukti memberikan asupan nutrisi yang baik kepada anak – anak untuk pertumbuhan mereka. Keluarga yang makan bersama menerapkan pola makan yang sehat dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang sehat dan mengandung banyak nutrisi.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin membuat anak menjadi semakin sehat dan bisa belajar dengan baik di sekolah.

Meningkatkan komunikasi

Makan bersama keluarga merupakan sarana untuk membangun hubungan baik dan membangun komunikasi dengan anggota keluarga lainnya.

Percakapan selama makan malam bisa meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak sehingga orangtua lebih memahami dan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh sang anak.

Orangtua bisa mendiskusikan banyak hal dengan anak mulai dari permasalahan sekolah dan topik – topik menarik lainnya.

Mengajarkan tata krama

Mengajarkan tata krama atau sopan santun ketika makan bermanfaat buat anak ketika ia besar kelak. Orang tua yang sibuk kadang tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengajarkan anaknya sopan santun dan tata karma sehingga ketika besar anak tumbuh dengan kepribadian yang buruk.

Jika tidak diajarkan oleh orang tua sejak dini maka anak tersebut akan menimbulkan masalah ketika dia besar.

Lebih hemat

Menyiapkan makanan sendiri lebih menghemat pengeluaran bulanan dibandingkan jika membeli makanan di luar yang sudah jadi.

Mengenalkan aneka rasa makanan

Makan malam bersama memberikan kepada anak sebuah kesempatan untuk mencicipi rasa baru makanan sehingga mereka tidak memilih – milih makanan.